Powered By Blogger
Selasa, 28 Maret 2017

Fungsi Lanjutan pada Excel

1. Fungsi Yang Sering Digunakan 

  • Fungsi SUM
    Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range.
    Penulisannya :
    =SUM(number1,number2,..)
  • Fungsi AVERAGE
    Digunakan untuk mencari nilai rata-rata.
    Penulisannya : =AVERAGE(number1,number2,…)

  • Fungsi COUNT 
    Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
    Penulisannya :
    =COUNT(value1;[value2];....)

  • Fungsi MAX

    Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data.
    Penulisannya :
    =MAX(number1,number2,…)

  • Fungsi MIN
    Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data. 
    Penulisannya : =MIN(number1,number2,…)

  • Fungsi Var :
    Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range.
    Penulisannya :
    =VAR(number1,number2,…)
Berikut contoh penggunaan Fungsi Sum, Max, Min, Average dan Count:


2. Fungsi Absolut

Sel absolut adalah lembar kerja atau alamat sel yang tidak mengalami perubahan dimana pada saat menjumlahkan, mengurangi, membagi maupun menggabungkan terdapat satu sel yang dikunci dan tidak bisa berubah.
Ciri-ciri sel absolut:
  • Ditandai dengan $
Fungsi absolut : yaitu fungsi yang berguna untuk memberikan nilai absolue/ harga mutlak terhadap sebuah nilai, dengan bentuk umum: =Abs(sel kunci), misalnya =Abs(D6) artinya membuat nilai absulote dari kolom D baris ke 6.
Untuk membuat $ pada ms. excel, kita dapat membuatnya secara manual dengan memberi tanda $ pada kolom, atau dengan cara menekan f4 beberapa kali setelah kita memasukkan cell pada kolom. 
Contoh:
  • A$2 maka baris 2 bersifat absolut
  • $A2 maka kolom A bersifat absolut
  • $A$2 maka kolom A dan baris 2 bersifat absolut
Contoh 1 : 



Untuk mendapatkan hasil Rp476.000 maka kita mengalikan sel B3 dan D6. Begitu pula untuk seterusnya yaitu mengalikan sel B3 dengan D7, D8,D9 dan D10. Untuk mengunci sel B3 kita mengubah sel B3 menjadi bel absolut, maka apabila kita drag hasil (D6) sampai D10 pengalinya tetap sama yaitu B3. 

Contoh 2 :

Untuk mengalikan sel yang berada diatas dan dikiri, kita harus mengubahnya menjadi sel absolut. Untuk baris 12 karena kolomnya berbeda beda dan barisnya sama, maka yang kita kunci atau kita beri tanda $ adalah didepan angka 12. Sedangkan untuk sel yang berada disebelah kiri, kita mengunci kolomnya dengan memberikan tanda $ didepan huruf A. 



3. Countif

Countif ialah salah satu fungsi statistik untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria; misalnya, untuk menghitung berapa kali pekerja hadir dengan melihat banyaknya tanda yang muncul dalam daftar absensi.
Contoh :  
Rumus yang digunakan : =COUNTIF(range;criteria)

4. Percentage

Untuk menghitung persentase sesuatu, kita dapat menghitung manual dengan memasukkan operasi sederhana yaitu =a/b*100% atau dapat juga kita menghitung dengan cara =a/b dan mengubah number format dengan Percentage.
    • Note : Apabila kita sudah mengalikan dengan 100% maka number format secara otomatis berubah menjadi percentage


Selanjutnya untuk mencari Uang Honor seperti yang terdapat dalam gambar dibawah ini, kita menggunakan fungsi absolut yang telah kita pelajari diatas yaitu dengan rumus : =I8*$C$5
kemudian drag hasil hingga baris 13


Terakhir untuk mendapatkan hasil Rp507.500 kita menggunakan fungsi Sum  seperti yang telah kita pelajari diatas. 



0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers

Dark_Camel © 2013 Published By Gooyaabi Templates Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design