1. Fungsi Yang Sering Digunakan
- Fungsi SUMDigunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range.Penulisannya :=SUM(number1,number2,..)
- Fungsi AVERAGEDigunakan untuk mencari nilai rata-rata.Penulisannya : =AVERAGE(number1,number2,…)
Fungsi COUNTDigunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
Penulisannya : =COUNT(value1;[value2];....)
Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data.
Penulisannya : =MAX(number1,number2,…)
Fungsi MINDigunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data.
Penulisannya : =MIN(number1,number2,…)
Fungsi Var :Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range.
Penulisannya : =VAR(number1,number2,…)
Berikut contoh penggunaan Fungsi Sum, Max, Min, Average dan Count:
2. Fungsi Absolut
Sel
absolut adalah lembar kerja atau alamat sel yang tidak mengalami
perubahan dimana pada saat menjumlahkan, mengurangi, membagi maupun
menggabungkan terdapat satu sel yang dikunci dan tidak bisa berubah.
Ciri-ciri sel absolut:
- Ditandai dengan $
Fungsi
absolut : yaitu fungsi yang berguna untuk memberikan nilai absolue/
harga mutlak terhadap sebuah nilai, dengan bentuk umum: =Abs(sel kunci),
misalnya =Abs(D6) artinya membuat nilai absulote dari kolom D baris ke
6.
Untuk membuat $ pada ms. excel, kita dapat membuatnya secara manual dengan memberi tanda $ pada kolom, atau dengan cara menekan f4 beberapa kali setelah kita memasukkan cell pada kolom.
Contoh:
Contoh:
- A$2 maka baris 2 bersifat absolut
- $A2 maka kolom A bersifat absolut
- $A$2 maka kolom A dan baris 2 bersifat absolut
Untuk
mendapatkan hasil Rp476.000 maka kita mengalikan sel B3 dan D6. Begitu
pula untuk seterusnya yaitu mengalikan sel B3 dengan D7, D8,D9 dan D10.
Untuk mengunci sel B3 kita mengubah sel B3 menjadi bel absolut, maka
apabila kita drag hasil (D6) sampai D10 pengalinya tetap sama yaitu B3.
Contoh 2 :
Untuk mengalikan sel yang berada diatas dan dikiri, kita harus mengubahnya menjadi sel absolut. Untuk baris 12 karena kolomnya berbeda beda dan barisnya sama, maka yang kita kunci atau kita beri tanda $ adalah didepan angka 12. Sedangkan untuk sel yang berada disebelah kiri, kita mengunci kolomnya dengan memberikan tanda $ didepan huruf A.
3. Countif
Countif ialah salah satu fungsi statistik
untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria; misalnya, untuk
menghitung berapa kali pekerja hadir dengan melihat banyaknya tanda yang
muncul dalam daftar absensi.
Contoh :
Rumus yang digunakan : =COUNTIF(range;criteria)
4. Percentage
Untuk menghitung persentase sesuatu, kita dapat menghitung manual dengan memasukkan operasi sederhana yaitu =a/b*100% atau dapat juga kita menghitung dengan cara =a/b dan mengubah number format dengan Percentage.
- Note : Apabila kita sudah mengalikan dengan 100% maka number format secara otomatis berubah menjadi percentage
Selanjutnya
untuk mencari Uang Honor seperti yang terdapat dalam gambar dibawah
ini, kita menggunakan fungsi absolut yang telah kita pelajari diatas
yaitu dengan rumus : =I8*$C$5
kemudian drag hasil hingga baris 13
Terakhir untuk mendapatkan hasil Rp507.500 kita menggunakan fungsi Sum seperti yang telah kita pelajari diatas.
0 komentar:
Posting Komentar